Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

12.09.00 |

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak - Akhir-akhir ini banyak anak di Negara tercinta kita Indonesia ini banyak yang mengalami OBESITAS, mungkin karena keseringan makan mie instan maupun makanan-makanan yang bisa membuat badan anak tersebut jadi melar tak terkendali, sehingga menjadikan anak tersebut jadi Over Weight (obesitas). Sebelum anak-anak kita mengalami hal seperti itu, sebaiknya kita sebagai orang tua harus dan perlu memperhatikan pola makan yang sehat bagi anak kita sedini mungkin, agar perkembangan pada anak kita bisa tetap terjaga.

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
Cara Mencegah Obesitas Pada Anak
Permasalahan gizi pada anak tidak hanya malnutrisi yang berciri dengan anak berbadan kurus atau pendek, namun juga obesitas pada anak. Obesitas pada anak sangat besar kemungkinannya terjadi pada anak yang orang tuanya juga obesitas. tetapi, hal tersebut dapat dicegah. Dengan cara apa untuk mencegahnya ? Mari simak beberapa artikel di bawah ini, dan semoga bisa di jadikan sebagaimana untuk pencegahan obisitas pada anak kita.

1. Faktor-faktor pengaruh obesitas pada anak ada banyak. Pertama genetik. Tapi meskipun potensi itu diturunkan dari orang tua, tetap bisa diubah. Salah satunya adalah lingkungannya, lingkungan bisa membuat anak yang berpotensi obesitas untuk tidak menjadi gemuk," ungkap Prof. Dr. M. Juffrie, PhD, Sp.A(K), Spesialis Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.
Membuat lingkungan yang bersahabat dan tidak berpotensi membuat anak gemuk antara lain dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi ideal dan melakukan gaya hidup sehat. Yang tidak kalah penting ialah mengenai asupan nutrisi, di mana ini sangat penting untuk menjaga berat badan anak ideal. 
2. Contoh buruknya adalah anak yang hobi main video game. Di sebelahnya ada cemilan, dan dia tidak berhenti ngemil. Nah, selain tubuhnya tidak bergerak, asupan karbohidratnya jadi berlebihan. Tidak heran kalau dia jadi obesitas," papar Prof Juffrie.
Prof Juffrie menambahkan tidak ada faktor utama yang mejadi musabab anak mengalami obesitas. Sebabnya ialah semua memberikan kontribusi yang sama besarnya, mulai dari gen dari orang tua, gaya hidup, dan nutrisi yang dikonsumsi anak. Dia lantas memaparkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Inggris. Penelitian itu mengamati gaya hidup beberapa ibu selama hamil hingga melahirkan, selama 10 tahun. Hasil penelitian itu membuktikan, anak dengan orang tua obesitas ternyata tidak mengalami obesitas juga, sebab ia dibiasakan menjalani gaya hidup sehat, yaitu rutin berolahraga dan konsumsi nutrisi yang seimbang. Sementara itu anak yang tidak memiliki sejarah obesitas dalam keluarganya, ada yang mengalami obesitas. Penyebabnya ternyata ialah sang ibu 'cuek' pada asupan nutrisi yang dikonsumsi, selama mengandung hingga anaknya lahir ke dunia. Menurut Prof. Juffrie, ini membuktikan bahwa peran orang tua sangat penting dalam mencegah anaknya dari obesitas.
Nah.. Itulah yang bisa www.tegesan.com berikan kepada anda tentang Cara Mencegah Obesitas Pada Anak dan semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua yang di tujukan kepada orang tua yang harus merawat dan juga menjaga dalam memberikan Gaya Hidup Sehat pada perkembangan anak-anak kita tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar